Pendampingan Sensus Penduduk Online Bersama Gubernur Bali - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Bali

Anda membutuhkan layanan data dan konsultasi statistik? Silahkan melalui layanan chat Whatsapp di nomor 081-810-5100 dan email pst5100@bps.go.id. Seluruh pelayanan kami gratis (tidak dipungut biaya).

Pendampingan Sensus Penduduk Online Bersama Gubernur Bali

Pendampingan Sensus Penduduk Online Bersama Gubernur Bali

15 Februari 2020 | Kegiatan Statistik


Gubernur Bali, Wayan Koster, mengikuti sensus penduduk dengan sistem online yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali di Gedung Jayasabha Jalan Surapati Nomor 1 Denpasar, Sabtu (15/2) sore.

Gubernur Koster menjadi sasaran pertama penduduk di Bali untuk sensus penduduk secara online yang digelar selama 45 hari ke depan, yakni 15 Februari sampai 31 Maret 2020 mendatang.

Dalam pengambilan sampel sensus penduduk terhadap orang nomor satu di Bali ini merupakan simbolis sekaligus mensosialisasikan bahwa BPS sedang melaksanakan program sensus penduduk online secara nasional. Kepala BPS Provinsi Bali, Adi Nugroho, bersama jajarannya langsung memberikan pendampingan kepada Gubernur Koster di Jayasabha (rumah jabatan) dalam mengisi data. Sementara Gubernur Koster didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali, Putu Anom Agustina.

Gubernur Wayan Koster memasukkan seluruh data  keluarga secara online setelah terlebih dulu diberikan password oleh petugas. Dalam pengisian data tersebut berbagai hal wajib dicantumkan. Mulai alamat rumah, fasilitas yang digunakan di rumah, sumber air yang digunakan, besaran Kwh listrik sampai dengan tempat mandi dan sumber air wajib dimasukkan. Gubernur Koster juga mengisi keterangan soal pekerjaan dan pendidikan yang sedang ditempuh. Petugas juga mempersilahkan Gubernur Koster memasukkan data bahwa dirinya sedang memimpin partai politik di Bali.

Yang menarik kemarin ketika Kepala BPS Bali, Adi Nugroho, meminta mengisi alamat tempat tinggal, Gubernur Koster memilih memasukkan alamat di kampung halamannya. Kampung kelahiran Gubernur Koster di Banjar Dukuh, Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula ,Kabupaten Buleleng. Hanya saja ketika ditanya alamat rumah dan nama jalan oleh petugas, Gubernur Koster mengatakan tidak ada nama jalan.

"Dikampung itu yang ada banjar dan desa," kelakar Koster. Setelah sekitar 30 menit mengisi data, Gubernur Koster pun mengatakan apresiasinya kepada BPS Provinsi Bali yang gencar melaksanakan sensus sebagai program nasional. "Ini bagus karena sudah online. Data sensus yang akurat ini nanti sangat berguna bagi kami di pemerintahan untuk melaksanakan program pembangunan," ujar Ketua DPD PDIP Provinsi Bali ini. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Bali Koster juga mengajak seluruh masyarakat Bali untuk ikut berpartisipasi menyukseskan Sensus Penduduk 2020

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali (Statistics of Bali Province)Jl. Raya Puputan (Renon) No 1

Denpasar 80226

Telepon: (0361) 238159

243696

Whatsapp (chat): 081-810-5100

Fax: (0361) 238162

Email : pst5100@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik