Acara sosialisasi
Sensus Ekonomi 2016 yang digelar oleh BPS Provinsi Bali kali ini bertajuk Spotlight Week Sensus Ekonomi 2016 yang
dibalut dengan acara Color Run. Acara
Ini diselenggarakan pada Hari Minggu tanggal 24 April 2016 pada pukul 06.00
Wita – 11.00 Wita di Lapangan Timur Bajra Sandhi Renon. Setelah menyasar
pengusaha sebagai objek media sosialisasi melalui Kegiatan Sosialisasi berupa
panel diskusi maupun talkshow dengan pengusaha sebagai audience-nya, kini saatnya sasaran media publisitas SE2016 menyasar
generasi muda yang dipandang cukup efektif menyebarkan informasi melalui media
sosial.
Sekitar kurang lebih 2.000 orang
memadati areal lapangan Bajra Sandhi yang terdiri dari seluruh pegawai BPS se
Provinsi Bali ditambah dengan masyarakat luas yang sebagian besar merupakan
anak muda Bali yang berasal dari berbagai sekolah dan kampus. Acara dibuka
dengan laporan Kepala BPS Provinsi Bali-Adi Nugroho, dan dilanjutkan dengan
pembukaan oleh Gubernur Bali-Made Mangku Pastika yang secara langsung melepas
peserta color run dengan menaburkan color powder ke peserta.
Dalam sambutannya, Gubernur Bali
menyatakan apresiasinya dalam langkah BPS Provinsi Bali untuk merangkul
generasi muda dalam mensosialisasikan Sensus Ekonomi 2016 yang pelaksanaannya
dimulai dari tanggal 1 hingga 31 Mei 2016. Anak muda dipandang sangat efektif menyebarluaskan
informasi dengan kemampuan menguasai media sosial yang sangat baik. Gubernur
Bali mengharapkan bahwa generasi muda ikut memantau perhelatan besar ini karena
dengan data ekonomi yang valid dan akurat akan dapat mendukung penyusunan
perencanaan pembangunan. Dalam sambutannya menyebutkan bahwa data yang
dihasilkan melalui kegiatan sensus ini merupakan kompas dan pelita bagi arah
kebijakan pembangunan. Mengingat pentingnya kegiatan Sensus Ekonomi 2016 ,
Pastika menghimbau para pelaku usaha memberikan data apa adanya.
Acara puncak Color Run dipusatkan di depan panggung utama, dengan diiringi house music oleh DJ Performance yang sangat ber-genre anak muda. Mulailah atraksi saling
lempar color powder seperti Holi
Festival di India oleh peserta color run
yang pada saat itu seluruhnya mengenakan atasan berwarna putih.
Panggung hiburan dilanjutkan
dengan lawakan yang dibawakan oleh bondres Bali (Tiga Siluman) yang dalam
lawakannya turut menyuarakan serta menggaungkan Sensus Ekonomi 2016 yang
dibalut dengan komedi. Selain lawak acara juga dimeriahkan oleh pengundian
doorprize yang hadiahnya bermacam-macam diantaranya sepeda, kompor, rice cooker, dispenser, jam, hingga
payung.
Puncak hiburan dilanjutkan oleh
konser Band lokal ternama di Bali – KIS Band yang notabene memiliki fans yang
cukup banyak. Dengan penampilan mengenakan rompi petugas Sensus Ekonomi 2016,
seluruh personil dengan sukacita menghibur penonton dengan selalu menyuarakan
tagline Sensus Ekonomi 2016 Bali –Statistik sahabat pengusaha.
Serangkaian acara bertajuk anak
muda telah dilaksanakan sebagai puncak publisitas yang dilakukan oleh BPS
Provinsi Bali, diharapkan dengan cara mendekati generasi muda dalam membantu
penyebaran informasi melalui media sosial adalah salah satu cara mujarab dan
ampuh dalam menggaungkan Sensus Ekonomi 2016. (d.y)