Kunjungan Komite IV DPD RI H.Bambang Santoso ke BPS Provinsi Bali - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Bali

Anda membutuhkan layanan data dan konsultasi statistik? Silahkan melalui layanan chat Whatsapp di nomor 081-810-5100 dan email pst5100@bps.go.id. Seluruh pelayanan kami gratis (tidak dipungut biaya).

Kunjungan Komite IV DPD RI H.Bambang Santoso ke BPS Provinsi Bali

Kunjungan Komite IV DPD RI H.Bambang Santoso ke BPS Provinsi Bali

14 September 2020 | Kegiatan Statistik Lainnya


*Masa Depan Pariwisata Bali Terancam, Komite IV DPD RI H. Bambang Santoso Lirik Sektor Pertanian*

Anggota DPD RI Dapil Bali, H. Bambang Santoso melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali. Kunjungan ini dalam rangka mencermati data statistik perkembangan yang terjadi di Bali dalam masa pandemi Covid-19 yang belum juga usai sampai saat ini.

Komite IV DPD RI dalam Kunjungan Kerja ini memfokuskan pada APBN Tahun 2021 termasuk didalamnya terkait dengan pendapatan pajak, dana perimbangan, dana Desa dan keuangan terkait lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Komite IV DPD RI untuk menerima masukan dari BPS mengenai perekonomian, baik secara makro maupun secara mikro khususnya yang terjadi di Bali.

"Melihat pertumbuhan ekonomi yang mengkhawatirkan, untuk itu kami mencari informasi dari BPS yang akan kami bawa ke Pusat untuk dicarikan solusi bagi Provinsi Bali," kata Anggota DPD RI, H. Bambang Santoso.

Dialog bersama anggota DPD RI Dapil Bali dengan Kepala BPS Provinsi Bali membahas data yang lebih rinci terkait kondisi daerah masing-masing sebagai masukan untuk pembahasan rancangan APBN.

Daerah Bali yang bertumpu pada pariwisata ternyata tidak tangguh menghadapi krisis akibat dampak dari wabah Covid-19. Untuk itu perlu inovasi kedepan agar ekonomi Bali bisa tumbuh dan bangkit kembali.

Beberapa potensi di Bali seperti Pertanian bisa dijadikan salah satu pijakan untuk membawa ekonomi bisa tumbuh kembali. Untuk merespon kebutuhan pasar, perlu pemilihan model pertanian seperti apa yang bagus sesuai dengan karakter Daerah Bali.

"Jangan bertumpu pada sektor pariwisata saja, ada sektor pertanian yang bisa dijadikan potensi untuk bisa membawa perekonomian Bali tumbuh kembali," ujarnya.

Kepala BPS Provinsi Bali, Adi Nugroho beserta jajarannya secara luas memaparkan mengenai Data Sosial Ekonomi Strategis di Provinsi Bali seperti pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, inflasi, dan ketenagakerjaan.

Laju pertumbuhan ekonomi Bali tercatat tumbuh negatif -10,98% pada triwulann II (April s.d Juni
2020) (Y o Y). Tidak bisa dipungkiri bahwa kontraksi ekonomi terjadi begitu hebat di Bali akibat pandemi Covid-19

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali (Statistics of Bali Province)Jl. Raya Puputan (Renon) No 1

Denpasar 80226

Telepon: (0361) 238159

243696

Whatsapp (chat): 081-810-5100

Fax: (0361) 238162

Email : pst5100@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik