Talkshow Program Wirasa TVRI "Peluang dan Tantangan Ekonomi Bali" - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Bali

Anda membutuhkan layanan data dan konsultasi statistik? Silahkan melalui layanan chat Whatsapp di nomor 081-810-5100 dan email pst5100@bps.go.id. Seluruh pelayanan kami gratis (tidak dipungut biaya).

Talkshow Program Wirasa TVRI "Peluang dan Tantangan Ekonomi Bali"

Talkshow Program Wirasa TVRI "Peluang dan Tantangan Ekonomi Bali"

5 Januari 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


 

Mengawali 2018 dengan pembahasan perekonomian Bali penting untuk membahas peluang dan tantangan perekonomian Bali. Melihat fenomena yang terjadi selama tahun 2017, tentu hal ini bisa dijadikan acuan untuk mengambil langkah kebijakan di tahun 2018. Dalam kesempatan ini TVRI melakukan talkshow bertajuk Peluang dan Tantangan Perekonomian Bali dengan mengundang 3 narasumber yang kompeten dibidangnya, dimana salah satunya Kepala BPS Provinsi Bali. Dalam talkshow yang berdurasi 45 menit banyak diskusi menarik diantaranya melihat bagaimana tren perekonomian selama setahun kebelakang dan peluang apa yang ada di tahun 2018.

 

Kepala BI, Causa Imam Karana menyatakan bahwa sesungguhnya Perekonomian Bali berada dalam kondisi menanjak hingga triwulan III tahun 2017, tetapi seketika dikejutkan dengan status awas gunung agung di penghujung tahun, perekonomian pun mengalami shock lantaran 50% bergantung di sektor pariwisata. Terdapat beberapa sektor lapangan usaha yang perlu dipertimbangkan yaitu ekspor Bali dari sisi barang (ikan), Bali juga memiliki potensi perkebunan kakao dan kopi dengan kualitas internasional.

 

Ide lainnya adalah dengan meningkatkan industri kreatif berbasis pengembangan pariwisata, pertanian, dan ekonomi kreatif. Sinergitas ketiga sektor tersebut akan menggerakkan perekonomian, meningkatkan daya saing, dan nilai tambah Bali. Pendapat lainnya, Bali harus dibangun ulang dari akar permasalahannya yaitu pariwisata. Pariwisata harus menyerap produk pertanian Bali dan hasil industri kretaif. High Quality Tourism berbasis community dalam bentuk desa wisata sangat perlu dikembangkan karena hanya 8% kepemilikan sektor pariwisata yang dimiliki orang Bali yaitu daerah Sanur, Ubud dan sebagian kecil di Kuta. Pengembangan pertanian agribisnis dengan integrasi agrowisata yang dikembangkan di desa akan menjadi sinergi yang luar biasa.



Sementara Ka. BPS Provinsi Bali sepakat bila perekonomian Bali sangat bergantung dari pariwisata. salah satu dari struktur PDRB Provinsi Bali 23% lebih disumbang sektor akomodasi dan makanan minuman, bahkan sektor pariwisata Bali mendukung hingga 50% sektor pariwisata nasional. Artinya jika terjadi apa-apa di Bali perekonomian nasional juga terguncang, Nyawa perekonomian Bali sangat bergantung di sektor pariwisata.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali (Statistics of Bali Province)Jl. Raya Puputan (Renon) No 1

Denpasar 80226

Telepon: (0361) 238159

243696

Whatsapp (chat): 081-810-5100

Fax: (0361) 238162

Email : pst5100@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik