Rakornis KSK Provinsi Bali dihadiri Wakil Gubernur dan Kepala BPS - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Bali

Anda membutuhkan layanan data dan konsultasi statistik? Silahkan melalui layanan chat Whatsapp di nomor 081-810-5100 dan email pst5100@bps.go.id. Seluruh pelayanan kami gratis (tidak dipungut biaya).

Rakornis KSK Provinsi Bali dihadiri Wakil Gubernur dan Kepala BPS

Rakornis KSK Provinsi Bali dihadiri  Wakil Gubernur dan Kepala BPS

29 Oktober 2015 | Kegiatan Statistik Lainnya


Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta membuka Rapat Koordinasi Teknis Koordinator  Statistik Kecamatan (KSK) BPS Provinsi Bali 20015 di hotel Inna Bali Beach Sanur 22/Oktober kemarin. Dalam pengarahannya Wagub Bali Sudikerta minta Badan  Pusat  Statistik  (BPS) Provinsi Bali melakukan update data secara obyektif dan tak didasari kepentingan tertentu. Dengan demikian akan tersaji data yang valid dan akurat sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan.


 Lebih jauh, Sudikerta memaparkan pentingnya manfaat data dalam percepatan proses pembangunan. Menurut beliau, sajian data yang valid dan akurat akan mampu memetakan potensi dan persoalan pada suatu wilayah. “Data yang akurat  akan menjadi dasar bagi pemangku kepentingan dalam penyusunan program pembangunan agar potensi bisa digali dan dimanfaatkan secara optimal, kita juga dapat mengetahui persoalan yang masih dihadapi untuk selanjutnya dapat diatasi dengan program tepat sasaran,” tegasnya.

Untuk mewujudkan update data yang berkualitas, Sudikerta minta jajaran KSK sungguh-sungguh dalam melaksanakan survei. “Jangan membawa kepentingan tertentu dan jangan ada unsur like dislike,” Wagub Sudikerta juga menggaris bawahi, akurasi update data terkait sejumlah persoalan yang masih menjadi pekerjaan rumah Pemprov Bali seperti pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi dan angka pengangguran sangat dibutuhkan untuk dijadikan acuan dalam evaluasi pembangunan.

Disamping menyinggung validasi data, Wagub Sudikerta mengapresiasi kerja keras jajaran BPS Provinsi Bali dalam mengupdate data. Kepala BPS Panusunan Siregar dinilai sangat terbuka dan proaktif memberikan data yang dibutuhkan Pemprov Bali dalam mempercepat pelaksanaan program Bali Mandara. Beliau berharap, kerjasama tersebut dapat terus ditingkatkan.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bali Panusunan Siregar menyampaikan, Rakornis KSK melibatkan 56 KSK se-Bali, berlansung selama 3 hari bertujuan menyiapkan KSK untuk menyongsong pelaksanaan Sensus Ekonomi yang akan berlangsung bulan Mei 2016.

Pembukaan Rakornis KSK BPS se Provinsi Bali 2015 juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali Dr. Sugawa Kori, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteran Rakyat I Ketut Wija, Kepala Bappeda Putu Astawa, Bank Indonesia Perwakilan Wilayah IX Nusra-Bali Bimo, Kadis Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali I Bagus Wisnu Ardana dan Karo Ekbang Setda Provinsi Bali I Nengah Laba.

Sementara itu Kepala BPS Dr. Suryamin disela-sela kesibukannya juga menyempatkan diri hadir dalam Rakornis KSK tahun 2015 ini. Dalam arahannya Kepala BPS menyampaikan; Banyak lembaga survei pengumpul data yang menjadi pesaing BPS dalam penyiapan data saat ini. Agar kita mampu bersaing maka kualitas data wajib dikawal ketat. Perlu instrospeksi pada diri kita masing-masing, apakah kita sudah melakukan kewajiban kita dengan baik dan benar serta dapat dipertanggungjawabkan.

Apresiasi terhadap kinerja BPS sudah sangat banyak dari WTP 4 kali, pengadministrasian BMN, pelayanan publik, perpustakaan dan prestasi lainnya menjadi kebanggaan kita. Namun demikian kita tidak boleh lengah, jadikan apresiasi tersebut sebagai cambuk untuk memacu diri menjadi lebih baik mengingat BPS sekarang telah berkelas dunia.

Sekarang ini Data BPS sekarang sudah sangat berharga dan berdampak luas, untuk itu para KSK diminta memantau para mitra agar tidak melakukan pendataan secara asal-asalan, karena itu merupakan dosa besar.

Kita harus terus berhati-hati dan mawas diri dalam melaksanakan tugas, dimulai dari rekrutment petugas sampai dengan pelaksanaan lapangan. Sensitifitas  akan data, bukan saja dalam melihat dari data hasil tabulasi tetapi juga pada saat pencacahan harus memiliki rasa sensitive yang tinggi. Kepala BPS Dr. Suryamin juga menekankan, efisiensi penggunaan energy di lingkungan kerja BPS terus ditingkatkan guna menghemat anggaran negara.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali (Statistics of Bali Province)Jl. Raya Puputan (Renon) No 1

Denpasar 80226

Telepon: (0361) 238159

243696

Whatsapp (chat): 081-810-5100

Fax: (0361) 238162

Email : pst5100@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik